Kamis, 19 Juni 2014

Tips Agar Tidur Berkualitas dan Sehat

Tidur Berkualitas dan sehat sangat sulit kita peroleh di tengah kesibukan kita sehari-hari. Selain karena pekerjaan, pola tidur kita dewasa ini sangat dipengaruhi oleh gaya hidup kita yang mengganggu tidur kita. Terbukti, pernahkah anda tidur betul-betul nyenyak. Padahal Tidur kurang dari 6-7 jam per hari sudah menjadi kebiasaan buruk banyak orang.

Perlu diketahui bahwa waktu tidur yang cukup sangat diperlukan agar tubuh punya waktu untuk melakukan recovery sehingga punya kekuatan untuk menjalankan aktivitas seharian keesokan harinya.

Salah satu pakar Dr. Jennifer Ashton mengatakan bahwa kurang tidur atau tidur tidak nyenyak bisa merugikan kesehatan dan mengurangi keharmonisan dengan pasangan. Gangguan tidur dapat dikaitkan dengan berbagai macam penyakit, seperti obesitas, tekanan darah tinggi, suasana hati yang buruk, penurunan produktivitas baik di jalan, kantor maupun di rumah.

Anda pasti telah melakukan banyak usaha bahkan 'ritual' yang bisa dilakukan agar danda bisa tertidur dan tidur anda bisa terasa lebih nyenyak. Beriku ada beberapa cara untuk dapat meningkatkan kualitas tidur, antara lain:

1. Hindari alkohol sebagai alat bantu tidur 
Awalnya alkohol dapat membantu tidur, tetapi juga menyebabkan gangguan tidur, sehingga tidur kurang nyenyak. Minum alkohol sebelum tidur lebih mungkin membuat Anda terbangun di malam hari.

2. Mandi air hangat
Temperatur tubuh kita secara alami akan turun pada malam hari, hingga pukul 4-5 pagi. Jika mandi atau berendam dengan air hangat, maka otomatis suhu tubuh meningkat. Menurut studi yang dilakukan oleh New York Hospital-Cornell Medical Center, saat selesai mandi dan suhu tubuh turun dengan cepat, maka tubuh akan menjadi rileks dan efeknya adalah tidur kita akan menjadi lebih nyenyak.
Dengan Mandi air hangat, suasana hati anda akan sangat rileks, nyaman dan tenang. Stres tidak hanya membuat Anda sedih, tapi juga mengacaukan ketenangan tidur. Melakukan beberapa jenis ritual pra-tidur sekitar 10 menit hingga satu jam dapat meringankan stress. Selain mandi air hangat anda juga bisa melakukan kegiatan seperti relaksasi dengan bacaan ringan, meditasi, terapi aroma, peregangan cahaya.

3. Redupkan Lampu, Jagalah kamar tidur tetap tenang, dan nyaman. 
Untuk kebanyakan orang, sedikit suara atau cahaya saja sudah dapat mengganggu tidur, seperti suara kucing dan cahaya dari laptop atau televisi.
Gunakan penyumbat telinga, tirai jendela, selimut, air conditioner (AC) atau apapun yang bisa menciptakan lingkungan tidur yang ideal. Dan jangan menggunakan lampu jika Anda terbangun di malam hari, karena paparannya bisa memicu risiko kanker, sebagai gantinya gunakan lampu tidur saja.
Suhu yang ideal untuk kamar tidur adalah antara 20 sampai 23 derajat celcius. Suhu di atas 24 atau di bawah 12 derajat celcius dapat mengganggu kenyaman tidur.
Saat malam tubuh melepas senyawa melatonin, yang membuat kita mengantuk. Namun hormon ini akan mengalir dan bekerja jika situasi di sekitar sudah nampak gelap. Bila lampu terlampau terang, maka hormon ini tak akan maksimal bekerja.

4. Piyama
Gantilah baju dengan piyama atau baju berbahan nyaman serta longgar. Lakukan rutinitas yang membuat otak kita berubah ke mode tidur. Misalnya cuci kaki dan tangan serta sikat gigi. Setelah mandi air hangat tentu nya.

5. Jauhi nikotin dan kafein
Jangan pernah mengkonsumsi kafein dan nikotin sebelum tidur jika menderita insomnia. Kedua zat ini adalah stimulan yang akan meningkatkan kerja otak dan membuat kita sukses terjaga.
Merokok sebelum tidur, meskipun membuat santai, sebenarnya menempatkan stimulan ke dalam aliran darah. Efek nikotin mirip dengan kafein, dan nikotin dapat membuat Anda terbangun di tengah malam. Hal ini harus dihindari dengan tidak merokok sebelum tidur.
Sederhananya, kafein dapat membuat seseorang tetap terjaga. Efek kafein bisa bertahan selama delapan jam dalam tubuh. Jadi, dengan minum secangkir kopi di malam hari akan tetap membuat orang terjaga. Tidak minum kopi setidaknya empat sampai enam jam sebelum tidur dapat membantu untuk mendapatkan kualitas yang baik.

6. Matikan peralatan elektronik
Televisi, hp, dan komputer atau laptop serta berbagai peralatan elektronik yang membuat kita terstimulasi untuk beraktifitas selain tidur sebaiknya dimatikan. Dengan demikian tidur kita dapat lebih nyaman dan relaks, sebab aktifitas otak berkurang.

7. Melakukan olahraga di waktu yang tepat
Olahraga teratur dapat membantu untuk mendapatkan tidur yang baik di malam hari. Waktu dan intensitas olahraga tampaknya juga memainkan peran pada efek tidur.
Jika Anda adalah tipe orang yang mendapatkan energi atau menjadi lebih aktif setelah berolahraga, maka yang terbaik adalah jangan melakukan olahraga pada malam hari. Olahraga teratur di pagi hari bahkan dapat membantu mengatasi insomnia.

8. Makan baik, tidur nyenyak
Jangan pergi ke tempat tidur dengan perut kosong, tetapi hindari pula makanan yang berat sebelum tidur. Beberapa makanan yang dapat membantu tidur adalah susu rendah lemak yang mengandung tryptophan, ikan tuna, ikan halibut, alpukat, almond, telur, buah persik, labu, walnut, aprikot, gandum, asparagus, kentang, dan pisang.
Juga hindari minum terlalu banyak air di malam hari, karena bisa membuat Anda terbangun di tengah malam untuk ke kamar mandi.

9. Hindari tidur siang 
Tidur siang dapat membuat masalah yang lebih buruk jika Anda memiliki gangguan tidur. Jika ingin tidur, cobalah jangan terlalu lama, cukup 15 sampai 20 menit setelah 8 jam dari waktu bangun pagi.

10. Jauhkan hewan peliharaan dari tempat tidur
Apakah hewan peliharaan tidur dengan Anda? Hal ini dapat membuat Anda terbangun di tengah malam karena alergi atau gerakan hewan. Yang terbaik adalah tidurkan mereka di lantai bukan di tempat tidur Anda.

11. Hindari makan, atau diskusi yang memancing emosi di tempat tidur
Tempat tidur seharusnya hanya digunakan untuk tidur dan berhubungan seks. Jika tidak, Anda mungkin akan menutup hari dengan kegiatan yang mengganggu dan menyulitkan tidur serta juga membuat Anda dan pasangan malas untuk berhubungan seks.

Demikian sajian kami tentang Tips agar Tidur Berkualitas dan Sehat. Semoga kita semua menjadi pribadi yang berkualitas dan sehat.
Baca Juga :


LINK LAIN
Disqus Comments