Kamis, 21 April 2016

12 Tips Merayakan Hari Bumi Di Setiap Hari

Hari bumi selalu diperingati setiap tahunnya pada tanggal 22 April. Hari Bumi dicanangkan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi manusia terhadap planet yang ditinggalinya yaitu bumi. Dialah Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup yang menrancang Hari Bumi Pertamakali.

Tanggal ini bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan. PBB sendiri merayakan hari Bumi pada 20 Maret sebuah tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, adalah hari di mana matahari tepat di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret.

Kini Hari bumi (Earth Day) diperingati oleh lebih dari 175 negara dan di bawah koordinasi Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network) Secara Global. Pada Intinya kita harus mencintai bumi ini. Sebenarnya tidak perlu menunggu 22 April untuk mengapresiasi bumi. Berikut 15 Tips yang bisa anda lakukan untuk merayakan hari bumi setiap Hari.


1. Gunakan Kendaraan Umum

Jika perjalanan Anda memungkinkan, pilihlah untuk menggunakan transportasi umum sebagai sarana bepergian dari titik A ke titik B. Anda akan mengurangi emisi karbon dengan tidak mengendarai mobil sendiri. Dengan begitu, anda juga dapat memanfaatkan waktu yang dihabiskan selama di kendaraan umum. Anda pun tidak perlu berlelah-lelah mengemudi. Oh iya, satu keuntungannya lagi. anda tidak kesusahan mencari tempat parkir.

2. Ride Bike To Work

"Want to help our planet and get some exercise? Get a bike. You can run nearby errands with ease and avoid traffic, too. Don't forget to wear your helmet, Caroline!" kata ayah Caroline dalam serial 2 Broke Girls.

Ya bersepeda ke tempat kerja memang sangat menguntungkan. Kita dapat terhindar dari Macet, Tiba di Kantor dengan segar karena kalori yang terbakar. Dan satu hal yang pasti, kita telah mengurangi emisi karbon di bumi.

3. Berjalan Kaki

Di kota-kota besar dunia telah banyak disediakan tempat khusus pejalan kaki. Tentunya mereka telah menjadikan diri sebagai walkable city. Anda beruntung jika tinggal di kota-kota seperti itu. Anda bisa berjalan kaki dengan tenang dan membuang racun dalam tubuh secara perlahan.

4. Gunakan Wadah Isi Ulang

Gunakan wadah isi ulang untuk mengurangi sampah kemasan. Wadah isi ulang sudah banyak dijual di pasaran kok. Mulai dari Botol air minum (Travel Tumbler) bahkan wadah sabun cair sudah banyak dijual.

5. Matikan Lampu Jika Tidak Penting

Lampu untuk membantu kita menerangi dalam keadaan gelap. Tetapi jika keadaan sedang terang, untuk apa menyalakan lampu. Selain itu, buatlah lampu di rumah anda sesuai kebutuhan cahaya. Misalnya kamar tidur tidak usah pasang lampu yang sangat terang.

6. Menghemat penggunaan Air

Tidak semua wilayah di muka bumi dapat menikmati air sepanjang tahun. Maka bersyukurlah jika di tempatmu masih banyak air yang tersisa. Mengurangi penggunaan air dapat membantu memperbaiki air tanah kita. Pengurangan penggunaan air dapat diterapkan pada kebiasaan mencuci piring, pakaian, bahkan saat mandi.

7. Sumbangkan atau Jual Barang Yang tidak dibutuhkan

Banyak barang di rumah anda yang tidak terpakai? Ngapain disimpan kalau bisa jadi duit atau pahala. Bukannya ingin membantu iklan jual beli, tetapi langkah ini sangat membantu bumi karena sesak oleh sampah. Jika barang yang tidak terpakai tersebut anda buang, cara memusnahkannya pasti dibakar dan akan mencemari udara pastinya.

8. Saran 3R tidak cukup, Tambahkan 1 R lagi

Reduce, reuse, recycle (3R) ini sering disarankan oleh pemerhati lingkungan. Semestinya ditambah 1 R lagi yakni "Repair". Barang yang rusak mestinya jangan langsung dibuang lalu jadi sampah. Selama masih bisa diperbaiki kenapa tidak diperbaiki saja. Anda pun bisa menghemat uang belanja bulanan anda kan??

9. Belanja di Pasar Lokal

Anda tidak hanya akan mendukung pemilik bisnis di lingkungan Anda, membeli produk atau makanan buatan warga sekitar lingkungan anda dapat membantu planet kita dengan ngurangi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh transportasi.

10. BYOB: Bring Your Own Bag

Membawa tas saat berbelanja akan mengurangi penggunaan kantong plastik kemasan. Menggunakan tas pribadi untuk berbelanja juga dapat mengurangi sampah di rumah. Bumi kita terselamatkan dari pencemaran yang berasal dari sampah plastik.

11. Mulailah Membuat Kompos

Potongan sayur, sisa nasi, kulit buah akan lebih baik jika kita jadikan kompos daripada membuangnya begitu saja. Anda juga dapat memberi nutrisi pada tanah jika membuat sampah-sampah tersebut menjadi kompos. Cara membuatnya juga sudah banyak berseliweran di internet.

12. Paperless

Kurangi penggunaan kertas. Pikir baik-baik sebelum mencetak sesuatu. Jika pesan yang ingin anda sampaikan tidak perlu dicetak, lebih baik anda mencari alternatif lain. Di era digital ini anda tidak akan kehabisan akal untuk mencari cara lain. Ingat, kertas berasal dari pohon. Mengurangi penggunaan kertas sama dengan mengurangi tingkat penebangan pohon.  NEXT 
Disqus Comments