Sabtu, 31 Mei 2014

Cara Menangani Anak Hiperaktif

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Hyperaktif, atau cara menangani anak hiperaktif. Anak anda sangat Hiperaktif? Ya, bacalah artikel ini. Tidaklah salah jika anda memberikan suplemen, baik itu makanan atau minuman bagi anak anda agar si buah hati aktif. Tetapi jangan sampai anak anda terlalu aktif atau hiperaktif. 
Anak Hiperaktif

Jika Anak anda hiperaktif, memang sangat memerlukan pengawasan ekstra dari orangtua. Beberapa orang tua, pasti tidak menginginkannya. Di tengah kesibukan anda, anak anda sangat aktif bergerak anda kebingungan bagaimana cara menjaganya agar tetap aman. Pasalnya, anak hiperaktif hampir tidak bisa berhenti bergerak sama sekali dan hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi orangtua.

Tapi tunggu dulu, ada yang perlu Anda ketahui bahwa anak hiperaktif bisa menjadi salah satu gejala anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Ada baiknya jika anda meluangkan waktu untuk  mengkonsultasikannya ke dokter agar dapat mengetahui lebih lanjut apakah anak anda tergolong hiperaktif.  Selain dengan berkonsultasi rutin ke dokter anak, Anda juga bisa mengatasi anak hiperaktif dengan beberapa tips cara menangani anak hiperaktif berikut. Diantaranya:

• Batasi perilakunya tanpa memberikan tekanan
Anak-anak hiperaktif tergolong tidak bisa diatur atau sulit diatur. Jangan pernah melarang apa yang harus dilakukan anak, tetapi batasi perilaku anak yang dianggap dapat membahayakannya. bagaimanapun juga Anak-anak tetap mempunyai hak untuk melakukan sesuatu yang dia inginkan, tetapi pantaulah anak dengan segala kegiatannya secara intensif.

• Mencari tahu dan pahami tentang hiperaktif itu sendiri
Dengan mencari tahu tentang hiperaktif, Anda akan lebih bisa mengontrol dan banyak belajar untuk mengahadapi anak hiperaktif. Anda juga dapat bergabung dalam suatu komunitas dengan orang tua yang juga memiliki anak hiperakif atau organisasi sejenis untuk mendapatkan pengetahuan lebih jelas. cari informasinya di media online.

• Tetap tenang menghadapi Anak Hiperaktif
Anda harus tetap tenang jika menghadapi anak hiperaktif. Jika Anda marah dengan yang dilakukan anak, maka kemarahan si kecil akan memuncak dan tak terkendali. Berdebat atau bertengkar dengan anak tidak akan mendapatkan jalan keluar atas yang Anda alami. Luangkan waktu untuk melakukan kegiatan rumah tangga secara bersama-sama. Hal tersebut untuk mengalihkan kemarahan anak yang semakin parah.

• Biarkan anak Hiperaktif memilih pilihannya sendiri
Untuk membantu mengajarkan anak dapat mengontrol dirinya sendiri, Anda harus memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih dan menghadapi berbagai pilihan. Dengan begitu, Anda dapat mengarahkan anak untuk dapat memilih mana yang benar dan tidak.
Menangani anak hiperaktif memang tidak bisa dipelajari begitu saja, dan hal tersebut bukan hal yang mudah. Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu si kecil mengarah pada perilaku yang lebih baik dan dapat mengontrol dirinya sendiri. Jangan lupa tetap konsultasi rutin ke dokter anak anda.

Review oleh :dr. Cynthia Utami, Sp.A
Sumber : www.meetdoctor.com


Baca Juga :


LINK LAIN
Disqus Comments